Bagaimana Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO

|| || , || 5 komentar

Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO

Bagaimana Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO? Mungkin artikel yang seperti ini yang sedang di  cari-cari oleh para blogger. Karena ada blogger yang artikelnya ingin di urutan pertama google tetapi artikel tersebut masih di bawah standar SEO atau pun artikel tersebut kurang menarik di mata pengunjung. Jadi sobat harus memperhatikan faktor-faktor penting saat menulis artikel agar artikel sobat berkualitas standar SEO (Search Engine Optimation).

1. Memilih Judul Artikel

Tahap pertama dalam menulis artikel adalah menentukan judul artikel tersebut. Pastikan judul ini mengandung kata kunci yang terpenting di dalam artikel. Panjang judul artikel sebaiknya 5-7 kata saja, karena semakin panjang judul artikel akan mengurangi kepadatan dan kerapatan kata kunci di dalamnya. Saran saya kalau anda ingin memilih judul artikel yang baik dan berada di halaman pertama mesin pencari, saudara bisa mencoba Melakukan Riset Kata Kunci yang berstandar SEO.

2. Memilih URL Artikel

Jika saudara sudah memilih judul artikel dan judul artikel tersebut terlalu panjang, maka bisa jadi tidak dimuat semua di URL artikel. Namun bagi anda pengguna blog berplatform blogger.com, saudara bisa mengubah URL artikel tersebut. Caranya, lihat di bagian kanan dari tempat anda mengetik artikel. Pada SETELAN ENTRI ada satu menu yang bernama Tautan Permanen. Klik menu tersebut maka akan terbuka tampilan seperti di bawah ini:

Merubah URL Artikel Agar SEO friendly

Untuk mengubahnya, saudara cukup mengetikan bagian terakhir dari URL. Sebagai Contoh, jika URL yang saya inginkan adalah http://ngeblog07.blogspot.com/2013/04/bagaimana-cara-menulis-artikel-berkualitas-standar-seo.html ,maka yang akan saya ketikan adalah bagaimana-cara-menulis-artikel-berkualitas-standar-seo (Jangan lupa tanda hubung di ganti dengan {-} dalam URL). Dengan begini URL artikel akan menjadi lebih SEO friendly.

3. Menggunakan Label di Setiap Artikel

Sebaiknya mengunakan label untuk artikel-artikel di blog saudara. Pilih label yang palin tepat untuk mendeskripsikan artikel yang saudara buat. Untuk memasukan label pada artikel caranya sangatlah mudah, pada saat menulis artikel lihatlah  pada menu di sebelah kanan layar saudara. Di situ ada menu Label, klik menu tersebut lalu isikan dengan label yang sesuai dengan artikel yang saudara buat. Jika lebih dari satu label pisahkan dengan koma. Jika blog saudara tidak focus pada satu topik atau bertema campuran, sebaiknya pasang widget label pada sidebar blog untuk untuk membantu aliran pagerank ke halaman-halaman artikel blog anda.

4. Membuat Artikel yang Teroptimasi

Untuk lebih berkualitas dan SEO friendly, sebaiknya artikel yang saudara buat mengikuti beberapa aturan berikut:
  • Usahakan panjang artikel lebih dari 500 kata.
  • Setiap kata kunci sebaiknya diulangi sebanyak 3 kali dalam artikel (Harus menjaga kepadatan kata kunci 3-6% itu hanya isu).
  • Kata kunci yang muncul pertama kali harus di bold atau italic.
  • Gunakan bahasa yang baku agar kualitas artikel tidak berkurang.
  • Jika bisa, buat lagi satu frasa dengan kata kunci di dalam artikel dan beri tag heading H2 atau H3.

5. Pastikan Memasang Meta Deskripsi

Meta deskripsi ini akan ditampilkan pada snippet hasil pencarian google nanti, jadi pastikan meta deskripsi ini mengandung kata kunci yang ada di artikel anda. Panjang meta deskripsi ini jangan terlalu panjang, 150 karakter saja sudah cukup. Tapi untuk mengaktifkan meta deskripsi khusus pada tiap artikel, silahkan ikuti panduannya di artikel Cara Memasang Meta Description. 

6. Memasang Gambar Di Dalam Artikel

Memasang gambar pada artikel memang bisa memberi warna pada isi artikel, namun pastikan gambar yang sobat pasang menggunkan Alt Tag. Alt Tag ini memberitahukan Google tentang isi gambar, karena googlebot belum bisa mengenali gambar. Sebaiknya ukuran gambar jangan terlalu besar, karena dapat mempengaruhi loading halaman. Namun bagi anda pengguna Blogspot, sebaiknya gambar diupload saat sedang menulis artikel.

7. Memasang Link Dalam Artikel

Memasang link di dalam artikel memang perlu di perhatikan, adapun hal-hal yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut:
  • Pastikan semua link di dalam artikel terbuka di tab baru
  • Bedakan link keluar dan link yang menuju halaman blog saudara, jika link keluar pastikan menggunakan rel"nofollow", sedangkan link yang menuju halaman sendiri jangan gunakan rel"nofollow"
  • Untuk yang terakhir ini sangat penting sekali!! Usahakan dalam artikel saudara ada 2 link yang menuju ke artikel lain. Jika da kaitanya interlink seperti ini sangat penting, karena hal ini dapat meningkatkan kemampuan robot pencari untuk mengindeks blog anda.

8. Pastikan Blog Anda Mampu Menyelesaikan Masalah Yang Di Cari Pembaca

Faktor yang terakhir ini memang cukup sulit, saudara harus mampu membuat artikel yang bisa menyelesaikan atau menghidangkan informasi yang di cari pembaca. Karena tujuanya sederhana, agar si pembaca tertarik membaca artikel lainya, atau bahkan datang lagi berkali-kali ke blog saudara. Tentunya hal ini akan sangat baik untuk meningkatkan reputasi blog saudara.

Ke delapan poin yang ada di atas memang harus di lakukan jika anda ingin mendapatkan "Artikel-Artikel Berkualitas Standar SEO". Dan semoga poin-poin di atas bisa membuat blog saudara bisa lebih terindeks lagi oleh mesin pencari.

Terimakasih sudah mau mampir dan membaca ...
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Bagaimana Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO
Ditulis Oleh Riki Junizar
Artikel ini dipatenkan pada www.myfreecopyright.com, Jika mengutip harap berikan link balik yang menuju artikel Bagaimana Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO ini. Jika tidak akan diproses secara DMCA Takedown yang tentu saja tidak baik akibatnya bagi blog saudara. Terima kasih atas perhatiannya

/[5 komentar Untuk Artikel Bagaimana Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO]\
Akmal Januar Pratama mengatakan...

makasih gan infonya, ada beberapa yang saya baru tau :D
www.akumaru.com

Muhammad Tohir mengatakan...

gan mau tanya ni, kalau link keluar itu maksudnya seperti apa? apakah link yang mengarah ke website orang atau link yang mengarah ke artikel kita yang lain di blog kita. mohon jawabannya gan.. terimakasih.

Sigit Feriyanto mengatakan...

Wah infonya sangat bermanfaat sekali gan. izin nyimak ya gan dan jangan lupa update terus artikelnya. Oh iya sob, kapan-kapan saya akan mampir lagi jika ada waktu luang. hehehehehe. jangan lupa di update terus ya blognya. salam kenal.
Tips Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO
Thanks.

Admin mengatakan...

sangat membantu infonya,
terima kasih,,

asril ambo mengatakan...

Membantu sekali setiap postingan nya min... ijin kan kami menjadikan blog ini sebagai blog inspirasi dan terimakasih banyak....

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel di atas, kalau boleh dibantu tolong berikan komentar yang relevan sesuai dengan topik pembahasan artikel di atas. Anda diperbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO.
2. Jangan berkomentar dengan menggunakan LINK MATI apalagi LINK AKTIF.
3. Jika anda orang Indonesia yang cinta tanah air, maka berkomentarlah dengan bahasa baku dan sopan.
Jika komentar anda melanggar syarat di atas, maka komentar anda tidak akan saya publish dan akan saya tandai sebagai SPAMER.

Terima kasih atas kunjunganya ^_&