Cara Menggunakan HTML Editor Tampilan Terbaru

|| || , || Leave a komentar
Tampilan layout HTML Editor dari waktu-kewaktu mengalami perubahan, buktinya saja blogger baru-baru ini telah merilis (9 April 2013) tampilan layout Edit HTML yang memudahkan kita untuk mengedit template . Bagi sobat yang baru membuka akun bloggernya jangan kaget melihat tampilan layout Edit Html mengalami sedikit perubahan.

Awalnya saya juga kaget melihat tampilan Edit Html yang berbeda dari biasanya, saya berniat untuk memasang catatan kaki artikel pada blog saya. saya bingung harus bagaimana karena tampilan Edit HTML nya berbeda dengan yang ada di tutorialnya. 

Setelah saya googling ternyata baru segelintir blogger saja yang membuat artikel tentang bagaimana cara menggunakan Edit Html tampilan terbaru. Untuk itulah saya membuat artikel ini agar memudahkan sobat blogger untuk
melakukan perubahan-perubahan pada template blog saudara.

 Bagi saudara yang belum melihat tampilan barunya seperti apa, berikut screenshotnya:

Berikut beberapa perubahan dan fitur baru yang membuat saya bingung cara menggunakanya :
  • HTMl Editor (Edit HTML) kini lebih "embedded" di dalam page (layout halaman) dan tidak lagi dalam bentuk popup.
  •  Fitur untuk mengembalikan ke tampilan semula (revert) dan fitur "default", kini bersatu menjadi satu bagian dalam halaman HTML Editor.
  • Fitur baru hasil edit template blog kini menjadi satu dengan HTML Editor, tidak lagi membuka halaman baru (ditampilkan dalam satu iframe)
  • Semua bagian yang biasanya tampil secara keseluruhan dalam bentuk kode HTML, kini menjadi sekelompok widget yang tersusun rapih. Dan kita bisa langsung menuju bagian widget yang di inginkan melalui menu drop down yang berisi ID widget-widget (fitur"Jump to widget")
  • Tag-tag di dalam widget ditampilkan secara langsung di dalam template, dan tidak dikunci (disembunyikan). Sebelumnya kita harus melakukan centang terhadap "Expand Template Widget" untuk membuka teg-tegdi dalam widget.
  • Fitur baru "Format Template", untuk memformat susunan tag-tag, script, ccs yang baru ditambahkan (Beautifier)

Cara menggunakan Edit Html pada tampilan terbaru ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tampilan-tampilan sebelumnya. Ctrl + F pun masih berfungsi seperti biasa untuk mencari kode yang di inginkan, hanya saja cara ini sudah tidak sepenting dulu lagi.

Pada tampilan barunya ini, HTML Editor mengalami peningkatan berupa: penomoran baris kode, syntax highlighting, auto-identation, dan kode folding untuk membuat pengeditan template jauh lebih mudah dari sebelumnya.

Misalkan kita ingin memindahkan tanggal postingan blog menjadi di bawah judul postingan, ini menjadi sangat mudah hanya dengan memilih widget dengan "Jump to Widget", salin seluruh kode tanggal dan pindahkan ke tempat batu yang diinginkan. 

Kelebihan tampilan baru tersebut mungkin agak aneh dan dirasa kurang nyaman oleh sebagian blogger yang belum terbiasa. Tapi menurut saya pribadi perubahan tampilan baru tersebut sangatlah membantu untuk melakukan editing dengan cepat. 

Perubahan minor sebenarnya juga terjadi pada beberapa fitur blogger lain. misalnya pada post editor, bagian navigasi dan title editor (bagian untuk menulis judul) kini lebih melebar dan responsive. Jadi, kita hanya bisa menunggu, perubahan-perubahan apa sajakah yang akan terjadi pada tampilan blogger selanjutnya . . .

Semoga dengan tampilan baru ini bisa memberi kemudahan bagi anda ...
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Cara Menggunakan HTML Editor Tampilan Terbaru
Ditulis Oleh Unknown
Artikel ini dipatenkan pada www.myfreecopyright.com, Jika mengutip harap berikan link balik yang menuju artikel Cara Menggunakan HTML Editor Tampilan Terbaru ini. Jika tidak akan diproses secara DMCA Takedown yang tentu saja tidak baik akibatnya bagi blog saudara. Terima kasih atas perhatiannya

/[0 komentar Untuk Artikel Cara Menggunakan HTML Editor Tampilan Terbaru]\

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel di atas, kalau boleh dibantu tolong berikan komentar yang relevan sesuai dengan topik pembahasan artikel di atas. Anda diperbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO.
2. Jangan berkomentar dengan menggunakan LINK MATI apalagi LINK AKTIF.
3. Jika anda orang Indonesia yang cinta tanah air, maka berkomentarlah dengan bahasa baku dan sopan.
Jika komentar anda melanggar syarat di atas, maka komentar anda tidak akan saya publish dan akan saya tandai sebagai SPAMER.

Terima kasih atas kunjunganya ^_&