Bagaimana Cara Mengganti Template Pada Blog?

|| || , || 3 komentar

Bagaimana Cara Mengganti Template Pada Blog?

Bagaimana Cara Mengganti Template Pada Blogspot? ~ Banyak blogger yang sedang melakukan perubahan pada blognya, baik perubahan dalam segi Onpage maupun Offpage. Tentu saja hal ini agar blog mereka lebih SEO friendly dan lebih terlihat canggih atau modern. Biasanya para blogger indonesia kurang nyaman dengan template bawaan blogger yang standar-standar saja dan juga belum teroptimasi dalam hal SEO (Search Engine Optimization).

Karena itulah banyak blogger yang mengganti template blog mereka agar kelihatan lebih menarik dan mendapatkan suasana yang berbeda tentunya. Sebelum mengganti template blog saudara, saudara harus mendownload dulu template yang akan digunakan pada blog anda. Untuk mendownload template blog tersebut anda hanya perlu mengunjungi beberapa situs yang menawarkan template untuk blogspot secara gratisan. Salah satu di antaranya btemplates.com.

Situs btemplates.com ini memiliki ratusan hingga ribuan template berplatform blogspot. Anda bisa memilih mana template blog yang anda sukai, setelah dirasa cocok anda hanya perlu mengklik link download templatenya. Template akan anda terima dalam file berbentuk ZIP, atau RAR. Anda terlebih dahulu harus melakukan ekstrak terhadap file tersebut.

Caranya sangatlah mudah anda hanya perlu melakukan klik kanan pada file ZIP atau RAR yang ingin anda ekstrak, kemudian pilih Extract File . . . ., atau Extract Here. Kedua menu tersebut sama-sama akan melakukan ekstraksi, hanya saja tempat/hasil ekstrasinya yang berbeda. Pada file hasil exstrasi anda akan melihat satu file yang berexstensi namafile.xml . File inilah yang nantinya akan anda upload ke blogger.com, untuk mengganti template blogspot anda.

Lalu bagaimana cara mengganti template blogspot ini ? mudah saja silahkan anda ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan seksama :
  • Login ke akun blogger anda
  • Pilih menu TEMPLATE dari blog anda
  • Pada kanan atas layar saudara ada tombol CADANGKAN?PULIHKAN, silahkan diklik
  • Akan tampil jendela pop up. . .Klik tombol UNDUH TEMPLATE LENGKAP untuk menyimpan template lama anda.
  • Setelah itu carilah "Unggah template dari file hard drive anda" .
  • Klik tombol browser, kemudian carilah file dengan exstensi namafile.xml 
  • Jika sudah silahkan klik unggah
  • Tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai
  • Jika terjadi kesalahn anda hanya perlu memasang kembali template lama yang tadi sudah anda download. 
Sebenarnya ada cara selain di atas untuk mengganti template blogspot anda ? Berikut caranya:
  1. Login dengan akun blogspot anda
  2. Pilih menu TEMPLATE
  3. Kemudian klik Edit HTML
  4. Buka juga  file.xml yang ingin anda upload menggunakan Notepad
  5. Copy semua kode yang ada pada notepad tadi.
  6. Ganti semua kode yang ada pada Edit HTML dengan kode yang tadi anda Copy
  7. Setalah itu klik simpan template
  8. Jika gagal anda hanya perlu melakukan langkah 4-6 dengan menggunakan template lama anda yang sudah anda unduh tadi. 
Jika template lama tidak memiliki widget yang terdapat pada template baru, maka  blogspot akan menanyakan apakah anda ingin mempertahankan widget ini, jika anda membuatuhkan widget tersebut atau membutuhkan salah satunya. Maka sebaiknya widgetnya disimpan dulu. Biasanya setelah template baru terupload/terpasang, akan ada widget yang berantakan dan tidak pada tempat yang anda inginkan. Silahkan di rapihkan widget yang berantakan tersebut pada menu TATA LETAK.

Jika anda bingung  ingin menggunakan template yang mana, anda bisa menggunakan template SEO Elesis yang sudah teroptimasi untuk SEO. Untuk lebih lanjut baca di artikel saya tentang "Template Blog SEO Friendly Terbaru - Elesis Template".

Terima kasih telah membaca . . .
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Bagaimana Cara Mengganti Template Pada Blog?
Ditulis Oleh Unknown
Artikel ini dipatenkan pada www.myfreecopyright.com, Jika mengutip harap berikan link balik yang menuju artikel Bagaimana Cara Mengganti Template Pada Blog? ini. Jika tidak akan diproses secara DMCA Takedown yang tentu saja tidak baik akibatnya bagi blog saudara. Terima kasih atas perhatiannya

/[3 komentar Untuk Artikel Bagaimana Cara Mengganti Template Pada Blog?]\
mengatakan...

Gan cara ganti tab yang isinya menu,subheading, dll gimana caranya ya?Saya ga ngerti html :'(

Elbaruqy mengatakan...

terimaksih, udah tak donlod satu gan

Anonim mengatakan...

Terimakasih

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel di atas, kalau boleh dibantu tolong berikan komentar yang relevan sesuai dengan topik pembahasan artikel di atas. Anda diperbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO.
2. Jangan berkomentar dengan menggunakan LINK MATI apalagi LINK AKTIF.
3. Jika anda orang Indonesia yang cinta tanah air, maka berkomentarlah dengan bahasa baku dan sopan.
Jika komentar anda melanggar syarat di atas, maka komentar anda tidak akan saya publish dan akan saya tandai sebagai SPAMER.

Terima kasih atas kunjunganya ^_&