Apa Perbedaan Blog Dofollow dan Nofollow?

|| || || 6 komentar
Gambar Tentang Dofollow dan Nofollow

Apa Perbedaan Blog Dofollow dan Nofollow? ~ Jika anda seorang blogger yang sudah lama di dunia blogging, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata dofollow dan nofollow. Kedua kata ini memiliki pengertian yang berlawanan atau berkebalikan. Oleh karena itu pada artikel saya kali ini saya akan membahas tentang “Perbedaan Blog Dofollow dan Nofollow”.


Blog Dofollow adalah blog yang apabila kita berkomentar pada blog tersebut menggunakan Name/URL, maka link komentar tersebut akan di telusuri oleh mesin pencari google, dan kawan-kawan. Sehingga kita bisa mendapatkan sebuah backlink dari blog tersebut.

Sedangkan, Blog Nofollow adalah blog yang apabila kita menaruh link atau berkomentar pada blog tersebut, link itu tidak akan di telusuri oleh mesin pencari. Sehingga kita tidak akan mendapatkan backlink dari blog tersebut. Sedangkan kita tahu, hingga saat ini backlink adalah salah satu cara untuk meningkatkan posisi blog kita di mesin pencari.


Perbedaan mendasar pada link dofollow dan nofollow ada pada kemampuan blog tersebut untuk meneruskan poin halaman. Sebuah blog dofollow biasanya akan memberikan poin pada link yang dirujuknya. Sedangkan blog nofollow tidak. Hal ini karena link pada blog nofollow tidak akan di telusuri oleh mesin pencari.

Blog dofollow biasanya banyak dicari oleh para pemburu backlink Seperti Saya, Sehingga tidak heran jika komentar pada blog dofollow biasanya lebih banyak dari blog nofollow. Pada blog dofollow komentar artikelnya bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan, sedangkan untuk blog nofollow diharuskan untuk membuat artikel-artikelberkualitas agar bisa mendapatkan banyak komentar.

Blog nofollow lebih disukai google dibanding blog dofollow? Hal ini karena blog nofollow lebih memperhatikan teknik SEO(Search Engine Optimization) dibanding blog dofollow yang lebih mementingkan traffic dari para pemburu backlink. Jadi meskipun blog beraliran dofollow jarang update artikel,  komentar dan traffic pengunjungnya selalu stabil.

Jadi menurut anda pilih blog dofollow atau nofollow? Jawabanya tergantung pada kemampuan dan kebutuhan blog anda. Jika anda merasa mampu membuat blog anda ramai, maka sebaiknya jangan dulu mengubah blog saudara menjadi dofollow. Karena tujuannya hanyalah meningkatkan traffic blog anda dari kalangan pemburu backlink. Namun jika sobat membutuhkan traffic yang stabil, maka tidak ada salahnya mengubah blog saudara menjadi Dofollow.

Tetapi jika anda merasa blog dofollow kurang sesuai dengan blog anda, maka anda harus mencoba melakukan optimasi blog dengan cara-cara yang lebih alami. Coba lakukan optimasi SEO yang mendasar saja, sambil mencari tambahan pengalamanan dari hari ke hari.

Jika saudara ingin mengubah blog saudara menjadi dofollow? Saudara bisa membaca artikel saya tentang “Cara Mengetahui dan Mengganti Blog Menjadi Dofollow”. Jika blog saudara sudah beraliran dofollow, saudara tinggal mempromosikan blog saudara kepada para pemburu backlink. Atau saudara bisa bergabung dengan “Komunitas Blog Dofollow Indonesia”. Di sana blog dofollow saudara akan saya promosikan ke para pemburu backlink untuk mengunjungi blog saudara.

Jika saudara masih bingung antara memilih blog dofollow atau nofollow, sebaiknya jangan dulu mengubah blog saudara menjadi dofollow. Karena banyak blogger yang mengubah blognya menjadi dofollow, tiba-tiba mundur di tengah jalan dan hanya mengotori daftar blog dofollow yang sudah dibuat  beberapa blogger (Termasuk Saya) yang merekomendasikan website mereka.

Mungkin sampai di sini saja artikel saya tentang perbedaan blog dofollow dan nofollow. Jika saudara masih bingung tentang dofollow dan nofollow. Silahkan bertanya pada kolom komentar yang berada di bawah ini. Semoga bermanfaat ^_^
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Apa Perbedaan Blog Dofollow dan Nofollow?
Ditulis Oleh Riki Junizar
Artikel ini dipatenkan pada www.myfreecopyright.com, Jika mengutip harap berikan link balik yang menuju artikel Apa Perbedaan Blog Dofollow dan Nofollow? ini. Jika tidak akan diproses secara DMCA Takedown yang tentu saja tidak baik akibatnya bagi blog saudara. Terima kasih atas perhatiannya

/[6 komentar Untuk Artikel Apa Perbedaan Blog Dofollow dan Nofollow?]\
Rezwin Nopiadi mengatakan...

Dofollow dan nofollow itu punya kelebihan dan kekurnganya masing-masing gan. Kekurangan tersebut bisa kia tutupi dengan kemampuan kita agar blog tersebut lebih baik lagi.

Adi Winata mengatakan...

om itu link artikel Cara Mengetahui dan Mengganti blog menjadi dofollow nya kembali ke artikel ini, segera diganti om.

guruh subagya mengatakan...

untuk penganut do follow sebaiknya komentar di moderasi, karena jika tidak, akan banyak komentar spam yang bisa merusak website do follow

kompas-inetronik mengatakan...

negatif positifnya apa gan blog dofollow?

Ardamus.com mengatakan...

jadi apakah semua komen di blogger.com itu dofollow?
kalau wordpress.com gmn? apa dofollow juga?

andy ode mengatakan...

cara mengetahui dan merubah blog menjadi dofollow / nofollow gimana gan...??? maklum saya masih pemula

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel di atas, kalau boleh dibantu tolong berikan komentar yang relevan sesuai dengan topik pembahasan artikel di atas. Anda diperbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO.
2. Jangan berkomentar dengan menggunakan LINK MATI apalagi LINK AKTIF.
3. Jika anda orang Indonesia yang cinta tanah air, maka berkomentarlah dengan bahasa baku dan sopan.
Jika komentar anda melanggar syarat di atas, maka komentar anda tidak akan saya publish dan akan saya tandai sebagai SPAMER.

Terima kasih atas kunjunganya ^_&