Tips Mempercepat Waktu Muat (Loading) Halaman Blog

|| || ,, || 1 komentar

Tips Mempercepat Waktu Muat (Loading) Halam Blog - Waktu muat halaman atau loading halaman sebuah blog memang patut dan harus di perhitungkan mulai saat ini, Karena kecepatan loading halaman blog juga akan mempengaruhi peringkat blog anda di hasil pencarian google nantinya.

Mungkin terlihat sepele dan hal kecil kalau kita membahas tentang waktu muat atau kecepatan loading blog. Bagi pengguna internet yang memiliki koneksi internet yang Besar dan Cepat mungkin tidak akan jadi masalah bila pengguna tersebut mengakses blog yang memiliki waktu muat halaman yang lama.

Namun akan jauh berbeda jika pengguna yang mengakses blog saudara memiliki koneksi internet yang lambat atau lemot. Bisa jadi ketika pengguna tersebut membuka halaman blog saudara, Dia akan menutup kembali halaman tersebut karena loading halaman yang lama sehingga membuat pengunjung tersebut kabur dan beralih ke blog atau web lain... Sangat Merugikan Bukan ? :(
Oleh karena itulah, pada artikel amatir saya kali ini. Saya akan mencoba membahas tentang Tips Mempercepat Waktu Muat (Loading) Halaman Blog yang saudara miliki. Tips di bawah ini belum saya sempat coba semua, namun semoga saja dengan tips ini dapat membantu mempercepat loading halaman blog Anda.

# Hapus Widget Yang Tidak Perlu
Ini adalah salah satu tips yang biasanya jarang diketahui oleh blogger pemula seperti saya ini, waktu saya pertama kali menekuni dunia bloging. Saya selalu memasang banyak sekali widget di blog kesayangan saya, sampai-sampai tampilan blog saya itu di penuhi dengan kumpulan widget yang sebenarnya tidak begitu penting.

Saya sarankan jika blog saudara memiliki banyak sekali widget, maka mulai dari sekarang memilah dan memilih widget-widget apa sajakah yang seharusnya di pasang dan disingkirkan. Karena blog yang memiliki banyak sekali widget akan memiliki ukuran blog yang besar, sehingga akan membuat loading blog saudara menjadi lambat.

Saran :
  • Pasanglah widget yang dirasa bermanfaat bagi kemajuan blog saudara. Seperti : Artikel Terkait, Random Post, Popular Post dan Lainya . . .
  • Jangan memasang widget yang menggangu/menghalangi kenyaman pengunjung blog.
  • Pilihlah widget yang memiliki ukuran kecil tetapi tetap memiliki fungsi yang terasa.
  • Hindari widget yang berbentuk "Iframe" karena widget seperti ini kurang di sukai google.
Baca Juga: Bagaimana Mengetahui Ukuran berat dan Kecepatan Loading Blog
# Pemasangan Gambar Pada Blog
Memasang gambar pada blog memang dapat membuat artikel berkualitas yang kita buat menjadi lebih menarik dan terlihat cantik. Namun tidak jarang pula banyak blogger yang memasang gambar/foto pada artikelnya tanpa diketahui bahwa gambar tersebut memiliki ukuran gambar yang sangat besar.

Jika anda memasang gambar di artikel dengan cara menyalin url gambar milik blog orang lain, maka hal itu akan membuat loading halaman anda bertambah lelet. Karena saat halaman anda di akses oleh pengunjung, maka halaman anda akan memangil gambar ke alamat  url gambar itu berasal yang tentu saja akan membuat loading halaman anda bertambah lama.

Saran :
  • Masukan gambar yang memiliki ukuran gambar yang kecil dan juga sesuai dengan tema artikel..
  • Biasakan untuk mengupload gambar secara langsung, dengan cara mendownload gambarnya terlebih dahulu.
  • Gunakanlah gambar yang memiliki format  JPG, karena memiliki ukuran gambar yang kurang di banding dengan format lain seperti GIF, PNG, dan Lainya.
  • Jangan memberikan ukuran panjang dan lebar terlalu besar.
Baca : Cara Melakukan Optimasi Pada Gambar Artikel 
# Memasang Script Lazy Load
Salah satu cara mempercepat loading blog adalah dengan memasang script lazy load ini, namun script ini tidak berfungsi pada semua jenis template, banyak blogger yang sudah mencoba script ini loadingnya pun bertambah cepat, namun ada juga yang bertambah lambat dan lelet. Jadi setelah anda mencoba script ini dan bertambah lelet maka hapus lagi sajalah script ini dari blog saudara.

Fungsi script Lazy Load ini sebenarnya adalah untuk mempercepat loading gambar pada blog saudara. Jika anda tertarik dengan script ini, dan ingin memasangnya pada blog saudara. caranya sangat mudah sekali, saudara hanya perlu menyimpan script ini tepat di BAWAH kode </head> pada template blog saudara.
Script Lazy Load :
<script charset='utf-8' src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script src='http://k-blogger.googlecode.com/files/easy-loading.js' type='text/javascript'/>
<script charset='utf-8' type='text/javascript'>
$(function() {
$(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder : &quot;http://bit.ly/Qv60g5&quot;,threshold : 200});
});
</script>

# Memperkecil Ukuran CSS (Cascading Stlye Sheet)
Seperti yang kita ketahui CSS merupakan akar dari sebuah desain blog/website yang kemudian digabungkan dengan HTML yang akhirnya membentuk sebuah element. Para desainer menggunakan CSS untuk mempercantik atau mempertampan tampilan blognya agar terlihat keren/macho, tapi ada beberapa yang menagatakan terlalu banyak menggunakan css bisa menyebabkan loading blog/website menjadi agak lambat karena ukuran page pada blog/website tersebut menjadi besar, saya juga sedang menelusuri hal ini.

Sebaiknya gunakan tag conditional pada CSS, JavaScript dan jQuery untuk halaman tertentu agar ukuran halaman blog sobat tidak terlalu besar. Misalnya CSS untuk komentar disarankan untuk menggunakan tag conditional untuk halaman posting dan halaman statis, begitupun javascript dan jquery. Kita harus menentukan mana yang akan kita tampilkan dihalaman utama, halaman posting, halaman statis, halaman label dan lain-lain.

Saran : 
  • Gunakanlah template blog yang memiliki sedikit CSS pada templatenya.
  • Kurangi penggunakan css box shadow, css linear ataupun gradient agar blog lebih ringan saat discroll.
  • Jika anda memiliki ukuran CSS yang besar dan berat, maka anda bisa mengkompres CSS tersebut menjadi lebih kecil dan ringan.
Baca : Mengkompres CSS dapat Mempercepat Loading Halaman Blog

# Kurangi Jumlah Postingan di Halaman Utama
Pada halaman utama (homepage), jumlah posting atau artikel yang ditampilkan juga mempengaruhi loading blog. Apabila posting/artikel yang ditampilkan terlalu banyak, maka waktu loading pun akanbertambah. Tampilkan artikel-artikel pada halaman utama dengan jumlah yang sewajarnya, misalnya 5. Untuk mengesetnya, buka dashboard >> Tata Letak >> klik 'edit' pada badan posting blog >> tulis jumlah/angka posting yang ingin ditampilkan. Lihat gambar berikut:


Untuk lebih mengoptimalkannya, potong sebagian isi posting/artikel pada halaman utama dengan menggunakan fitur "auto readmore/baca selanjutnya".

# Jangan Terlalu Banyak Memasang Iklan
Jika anda membuat blog dengan tujuan ingin menghasilkan uang dari internet, memang tidak ada salahnya. Salah satu cara menghasilkan uang dari internet yaitu dengan memasang iklan di blog saudara. Saudara hanya perlu memasang tarif harga pasang iklan dengan sesuai keinginan anda, tapi tentunya harus di sertai juga dengan reputasi blog saudara yang cemerlang dan di kenal banyak orang.

Jika anda menggunakan sistem PPC pada iklan di blog anda, saya sarankan hanya 3 atau 4 iklan saja, posisinya di header 1, sidebar 1, dibawah postingan 2. Saya yakin pasti gk bakalan ada yang ngeklik kalo PPC kecuali trafik yang tinggi dan anda melakukan hal curang. Jika terlalu banyak iklan, kotak iklan ada yang tidak terload dan percuma saja. :)

# Javascript dan jQuery
Penggunaan javascript dan jQuery yang berlebihan juga dapat menyebabkan loading blog menjadi agak lambat tapi ini tidak begitu mempengaruhi, sama seperti css bisa menambah ukuran halaman blog tersebut, jadi kurangi penggunaan javascript yang tidak pelu atau tidak terlalu penting..

Saran :
  • Hindarilah penggunaan javascript yang berlebihan pada blog saudara.
  • Elemen-elemen yang mengandung javascript (terutama di bagian widget) sebaiknya diletakkan di bagian bawah.
  • Apabila terpaksa harus menggunakan javascript eksternal, upload dan hosting file js-nya hanya untuk penggunaan pribadi
  • Meletakkan javascript diatas kode </body> lebih baik daripada meletakkanya diatas kode karena javascript yang diletakkan diatas kode </body> akan dipanggil/diload belakangan sehingga content/artikel dapat terlihat lebih dulu. 
Di atas adalah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mempercepat loading halaman blog saudara. Semoga dengan melakukan tips-tips di atas, loading blog saudara menjadi jauh lebih cepat dari pada sebelumnya. Dan jika anda ingin menambahkan tentang tip-tips mempercepat loading blog di atas, silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah ini ... :)

Terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk mampir di blog ini . . .

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Tips Mempercepat Waktu Muat (Loading) Halaman Blog
Ditulis Oleh Unknown
Artikel ini dipatenkan pada www.myfreecopyright.com, Jika mengutip harap berikan link balik yang menuju artikel Tips Mempercepat Waktu Muat (Loading) Halaman Blog ini. Jika tidak akan diproses secara DMCA Takedown yang tentu saja tidak baik akibatnya bagi blog saudara. Terima kasih atas perhatiannya

/[1 komentar Untuk Artikel Tips Mempercepat Waktu Muat (Loading) Halaman Blog]\
Unknown mengatakan...

just Blog walking
http://hikayahhati.blogspot.com/

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel di atas, kalau boleh dibantu tolong berikan komentar yang relevan sesuai dengan topik pembahasan artikel di atas. Anda diperbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO.
2. Jangan berkomentar dengan menggunakan LINK MATI apalagi LINK AKTIF.
3. Jika anda orang Indonesia yang cinta tanah air, maka berkomentarlah dengan bahasa baku dan sopan.
Jika komentar anda melanggar syarat di atas, maka komentar anda tidak akan saya publish dan akan saya tandai sebagai SPAMER.

Terima kasih atas kunjunganya ^_&