Cara Membuat Bounce Rate Web yang Baik?

|| || || Leave a komentar
Menurunkan Bounce Rate Blog

Bagaimana Cara Membuat Bounce Rate Web Blog yang Baik ? - Bounce rate atau tingkat bouncing sebuah web atau blog adalah tingkat persentase dari pengunjung yang datang ke web saudara akan tetapi pengunjung tersebut hanya membaca satu halaman saja dan langsung pergi menutup halaman artikel anda.


Kunci untuk membuat nilai persentase bounce rate anda menjadi turun dan lebih baik adalah membuat pengunjung yang datang menjadi betah dan nyaman di web anda sehingga pengunjung tersebut ingin berlama-lama dan terus membaca artikel yang ada di halaman web blog saudara. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba untuk membuat bounce rate web anda menjadi lebih kecil dan menurun dari sebelumnya. . .

#Perhatikan Kecepatan Loading Blog

Ini adalah indikator pertama yang harus anda perhatikan dan pahami, karena jika loading halaman web anda berat dan memakan waktu lama maka pengunjung yang ingin membuka halaman web anda akan langsung pergi tanpa membaca terlebih dahulu artikel yang anda buat. Hal ini tentu saja sangat merugikan bagi anda dan pengunjung yang ingin membaca artikel anda.

Tips dari saya untuk mempercepat halaman web blog anda ....
  • Gunakanlah template yang mempunyai ukuran ringan dan cepat.
  • Jangan terlalu memasang widget-widget yang dirasa tidak terlalu perlu.
  • Hindari pemasangan iklan yang banyak dan menghalangi pengunjung untuk membaca.
  • Kurangi jumlah postingan di halaman utama web atau blog.
  • Compress ukuran template blog saudara agar lebih ringan.
Lebih lengkap baca di : Tips Mempercepat Waktu Muat Loading Halaman Blog

#Perhatikan Desain Blog Saudara

Untuk yang satu ini juga tidak kalah penting, buatlah tampilan web blog anda menjadi lebih indah dan rapih sehingga pengunjung akan merasa nyaman membaca artikel-artikel anda. Buatlah desain blog yang sesuai dengan tema atau topik yang ada pada blog saudara.

Saran dari saya untuk mendesain blog...
  • Gunakan template yang sesuai dengan tema blog saudara
  • Jangan Menggunakan warna background yang terlalu kontras.
  • Letakan widget-widget secara rapih yang dapat memudahkan pengunjung.
  • Perhatikan juga iklan-iklan yang dapat menggangu pembaca.

#Buat Judul Artikel yang Menarik

Jika anda membuat artikel, buatlah judulnya semenarik mungkin dan membuat pengunjung tertarik untuk membaca artikelnya. Caranya anda membuat judul artikel yang membuat pengunjung benar-benar penasaran. Ambillah judul dari tema artikel yang ada buat sedikit lebih mempropokasi, seperti "Pilih Blogspot Atau Wordpress?".

#Buatlah Konten Yang Menarik dan Bermanfaat

Buatlah artikel-artikel yang dapat membantu pengunjung dalam menyelesaikan masalah-masalah yang sedang dialaminya. Jangan pernah sekali-kali menipu pengunjung dengan membuat artikel yang tidak sesuai dengan judulnya dan artikel hasil copy paste yang telah pengunjung lihat sebelumnya. Karena hal ini akan membuat pengunjung merasa tertipu dan mencap blog anda sebagai blog yang tidak terpercaya dan tidak berkualitas.

Saran dari saya dalam membuat konten menarik...
  • Buatlah konten yang segar dan belum pernah ada sebelumnya.
  • Masukan gambar dalam artikel agar pengunjung tertarik membacanya.
  • Buatlah artikel yang rapih perhatikan kerapian paragraf dan kata-kata yang digunakan.
  • Buatlah artikel berkualitas SEO.
Baca : Bagaimana Membuat Artikel Berkualitas SEO?

#Tampilkan Artikel Terkait

Sajikanlah kepada pengunjung artikel-artikel anda yang terkait dengan artikel yang  sedang pengunjung baca. Buatlah widget artikel terkait keren dan menarik di bawah postingan artikel supaya pengunjung tertarik membacanya. Hal ini tentu akan sangat membantu pengunjung dalam memecahkan masalah yang sedang dialaminya. Tidak tahu cara pasangnya? Silahkan Pilih artikel di bawah ini sesuai selera . . .

#Tampilkan Juga Postingan Terbaik Anda

Tujuan dari menampilkan postingan terbaik juga tidak jauh berbeda dengan menampilkan artikel terkait. Menampilkan Postingan terbaik berguna agar pengunjung dapat mengetahui artikel-artikel unggulan yang dimiliki oleh blog anda. Postingan terbaik bisa berupa postingan terpopuler atau postingan rekomendasi Anda. Lokasinya yang mudah dikenali adalah di sidebar kiri atau kanan atas.

Baca : Membuat Widget Popular Post Keren di Blog

#Perhatikan Internal Link dan Eksternal Link

Perbanyaklah internal link dan kurangilah  eksternal link. Ini akan sangat membantu sekali dalam menjaga poin-poin backlink yang masuk ke web blog anda agar tidak hilang. Internal link yaitu link aktif yang mengarah ke web blog anda sendiri, ini tentu saja sangat baik karena mesin penelusur akan lebih mudah dalam mengenali struktur web bog anda.

Sedangkan eksternal link yaitu link aktif  yang mengarah ke situs web atau blog milik orang lain. Jika link keluar lebih banyak dari pada link masuk maka kemungkinan besar pengunjung akan meng-klik link yang mengarah ke web blog milik orang yang tentu saja akan sangat merugikan. Jadi perhatikanlah hal yang satu ini, jangan dianggap sepele.

Untuk bisa menghasilkan nilai bounce rate yang anda targetkan, anda bisa mencoba beberapa tips di atas agar nilai persentase bounce rate web blog anda menurun. Jangan lupa baca juga artikel saya lainya tentang :
Sekian . . .  Dan Semoga Bermanfaat . . .

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Cara Membuat Bounce Rate Web yang Baik?
Ditulis Oleh Riki Junizar
Artikel ini dipatenkan pada www.myfreecopyright.com, Jika mengutip harap berikan link balik yang menuju artikel Cara Membuat Bounce Rate Web yang Baik? ini. Jika tidak akan diproses secara DMCA Takedown yang tentu saja tidak baik akibatnya bagi blog saudara. Terima kasih atas perhatiannya