FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG

|| || , || 6 komentar

Meningkatkan Traffic Blog
Meningkatkan Pengunjung Blog adalah keinginan semua blogger, termasuk saya heheh. Apalagi blog yang masih baru seperti Tutorial Blog dan SEO Untuk Pemula ini. Untuk meningkatkan pengunjungnya tidaklah mudah, dan dalam melakukan optimasi onpage dan offpage dibutuhkan kesabaran yang tinggi untuk menghasilkan pengunjung yang maksimal.

Jika anda adalah blogger yang sedang mencari nilai rupiah dari sebuah web atau blog, maka hal yang haru anda utamakan terlebih dahulu adalah pengunjung atau traffic blog milik anda. Jika pengunjung blog anda kurang maksimal, maka nilai rupiah yang didapatkan pun juga kurang memuaskan. Berbeda apabila pengunjung blog anda mencapai ribuan atau puluhan visitor perhari, hasil yang didapatkan pun akan sangat besar dan melimpah.

Permasalahanya terpentingnya adalah bagaimana meningkatkan pengunjung blog ? dan Faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi meningkatnya pengunjung blog anda? oleh karena itu, pada artikel saya kali ini, saya akan membahas sedikit tentang "Apa Saja Faktor-Faktor yang dapat Meningkatkan Pengunjung Blog". Penjelasan-penjelasan di bawah ini adalah hasil analisis saya selama menekuni dunia blogging.

Pada dasarnya meningkatkan pengunjung blog ada 2 faktor yang harus anda perhatikan. kedua faktor tersebut diantaranya adalah Faktor Internal (Faktor Dalam) dan Faktor Eksternal (Faktor Luar). Nah berikut akan saya coba jabarkan satu persatu.

FAKTOR INTERNAL MENINGKATKAN PENGUNJUNG

#Kualitas Blog
Sebuah blog yang berkualitas dapat dinilai dari kualitas artikel yang di sampaikan. Untuk menulis artikel berkualitas memang tidak mudah, dan kita sebagai blogger dituntut harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas sesuai dengan tema blog yang anda miliki. Kalau begitu anda harus rajin-rajin membaca buku atau pun sering-sering berkunjung ke blog tetangga yang temanya sama dengan blog anda.


#LoadTime Blog/Kecepatan Loading Blog
Kenapa saya menempatkan poin ini di urutan kedua, karena sia-sia saja jika blog anda memiliki artikel-artikel yang berkualitas. tetapi pengunjung blog anda malah kabur sebelum membaca artikel tersebut, karena loading halaman blog anda yang sangat berat dan membuat pengunjung bosan lama-lama menunggu. Dan tidak menutup kemungkinan pengunjung tersebut tidak akan mampir lagi ke blog saudara.

Loading halaman yang lama bisa jadi karena koneksi internet pengunjung yang kurang cepat, atau pun karena template blog anda yang kurang teroptimasi dengan baik. Jika anda memang kesulitan dalam melakukan Onpage Optimization atau Optimasi Onpage tehadap template anda. Anda bisa mencoba template yang saya share dan sudah teroptimasi dengan baik . . . .

Baca Juga: Download Template SEO Friendly Yang Minimalis dan Ringan

#Desain Blog Yang Profesional
Blog dengan desain yang profesional dan elegan memang memiliki daya tarik tersendiri, baik itu bagi pengunjung atau pun pemilik blog. Desainlah blog anda semaksimal mungkin sehingga blog saudara terlihat seperti blog yang profesional. Usahakan tampilan atau template blog menggambar tema artikel yang ada di blog anda.

Jika anda berusaha membuat template standar blogger menjadi lebih menarik dan SEO friendly, maka tambahkan segala sesuatu yang menampilkan kriteria-kriteria template blog yang SEO friendly. Seperti Artikel terkait, Memasang Breadcrumbs pada blog, dan memasang menu navigasi yang jelas sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari artikel yang ingin mereka baca.

Read : Kriteria-Kriteria Template Blog SEO Friendly

#Sajikan Artikel Berupa Jawaban Atas Sebuah Permasalahan
Faktor yang terakhir ini memang cukup sulit, saudara harus mampu membuat artikel yang bisa menyelesaikan atau menghidangkan informasi yang di cari pembaca. Karena tujuanya sederhana, agar si pembaca tertarik membaca artikel lainya, atau bahkan datang lagi berkali-kali ke blog saudara. Tentunya hal ini akan sangat baik untuk meningkatkan reputasi blog saudara.

#Dan Masih Banyak Lagi . . .
Sebenarnya masih sangat banyak faktor-faktor dalam atau internal dalam rangka meningkatkan pengunjung blog. Seperti Mengaktifkan Meta Description yang Unik, Memasang Artikel Terkait dan Breadcrumbs Memasang Meta Description yang SEO friendly, Optimasi Onpage yang maksimal, meningkatkan kemampuan tentang tema yang dibahas dalam blog anda, dan masih banyak lagi yang tentunya tidak bisa saya jabarkan satu persatu.

FAKTOR EKSTERNAL MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG

# Submit Blog Anda Ke Situs Direktory
Jika blog anda masih baru, saran saya cobalah lakukan submit terhadap blog baru anda tersebut. Lakukan submit ke situs-situs directory terkenal yang menawarkan submit blog secara gratisan. Walaupun gratisan tapi pengaruh yang di hasilkan terhadap blog anda sangatlah besar. Anda juga bisa mendapatkan backlink berkualitas dari situs directory tersebut.

Baca Juga: Dapatkan Backlink Berkualitas dari W3 Dierctory

#Submit Juga Artikel-Artikel Anda ke Sosial Bookmark
Ada banyak sekali situs-situs sosial bookmark yang bisa anda coba. Baik itu sosial bookmark yang beraliran dofollow atau pun nofollow. Apalagi jika sosial bookmark tersebut memiliki page rank  yang tinggi, tentu itu akan sangat menguntungkan untuk memperbanyak tarffic blog anda.

Berikut adalah beberapa sosial sosial bookmark yang saya rekomendasikan:

www.lintas.me
www.situsku.sumbawanews.com
www.infogue.com
www.indofeed.com
www.bookmark.bertanyaseo.com
www.inijalanku.com
www.populerkan.com
www.langitnews.com

#Daftarkan Blog ke Googlewebmaster Tools
Mendaftarkan blog ke google webmaster tools wajib dilakukan apalagi jika blog tersebut masih sangat baru, dan pasangkan juga kode verifikasinya pada template blog anda. Hal ini agar google dapat mengenal blog anda, dengan begitu artikel-artikel blog anda cepat terindeks dan besar kemungkinanya berada di halaman utama mesin pencari.

#Share Artikel ke Situs-Situs Jejaring Sosial
Membagikan artikel ke jejaring sosial media adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pengunjung blog. Anda bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan pengunjung perharinya, anda hanya perlu membagikan artikel anda ke jejaring sosial media seperti: Facebook, Twitter, Google+ dan masih banyak lagi.

Untuk mempermudah membagikan artikel-artikel anda ke situs jejaring sosial media, anda bisa memasang widget sosial media pada blog anda. Tentu saja hal ini untuk menghemat waktu, dan dalam segi pengerjaannya pun bisa dibilang cukup praktis.

Baca : Cara Memasang Widget Jejaring Sosial Media Melayang di Blog

#Promosikan Blog Anda
Anda bisa mempromosikan blog anda, baik itu berpromosi di dunia nyata atau pun di dunia maya. Saudara harus memperkenal blog anda kepada orang banyak agar blog anda bisa lebih dikenal oleh banyak orang. Salah satu berpromosi di dunia maya adalah dengan membuat sebuah fans page facebook yang menggambarkan atau menjelaskan isi dari blog anda.

#Mencari Backlink
Inilah adalah salah satu teknik SEO Offpage yang sangat sulit. Untuk mencari backlink biasa-biasa saja mungkin cukup mudah, anda dapat menggunakan backlink generator yang belum teruji kualitas backlinknya. Tapi, untuk mendapatkan backlink berkualitas sangatlah tidak mudah, saya sendiri belum pernah mendapatkan backlink berkualitas yang dapat mendongkrak peringkat blog saya di mesin pencari.

#Buat Kontes SEO
Jika blog anda sudah berumur, tetapi pengunjung blog masih kurang dari yang diharapkan. Maka cobalah cara yang satu ini, buatlah sebuah kontes SEO dan tawarkan hadiah-hadiah yang menarik. Jika anda tidak memiliki cukup modal untuk kontes SEO ini. Maka hadiah untuk pemenangnya bisa anda ganti dengan sesuatu yang bermanfaat seperti ini.

Hadiah Untuk Para Pemenang
  • Juara Pertama: 30 Follower Blog, 15 vote Google+, pulsa sebesar 10 ribu
  • Juara Kedua : 15 Follower, 9 vote ggogle+, pulsa senilai 5 ribu
  • Juara ketiga : bla..bla..bla.., bla..,bla.,.bla..,,.
  • Dan Seterusnya . . . .
Walaupun nanti pesertanya tidak terlalu banyak, tapi anda sudah berusaha semaksimal mungkin. Dengan cara ini paling tidak pengunjung blog anda menngkat sekian persen dari pada sebelumnya . . .

#Kemampuan dan Kemauan yang Besar
Faktor terbesar dalam meningkatkan pengunjung blog sebenarnya ada dalam diri anda sendiri, sejitu apa pun teknik itu, kalau anda tidak memiliki kemauan dan keinginan yang kuat, teknik tersebut hanya akan sia-sia saja dan kurang maksimal. Jadi, untuk mendatangkan banyak pengunjung blog, di perlukan usaha dan keyakian yang kuat agar hasil yang diharapkan berjalan sesuai rencana.


Memang untuk meningkatkan pengunjung blog memiliki banyak cara, dan cara memperbanyak pengunjung blog yang saya uraikan di atas beberapa sudah saya coba dan hasilnya cukup lumayan. Namun perlu saya sampaikan juga, anda perlu bersabar dalam menunggu hasilnya sembari terus berusaha dan jangan pernah menyeah.

Saya rasa cukup sampai di sini pertemuan kita kali ini, Jika ada salah-salah kata dan ada yang ingin anda tambahkan pada artikel saya di atas. Silahkan tinggalkan pesan pada kotak kometar yang ada di bawah ini . . .  Sekian . . .Dan,.Semoga Bermanfaat . . .
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG
Ditulis Oleh Unknown
Artikel ini dipatenkan pada www.myfreecopyright.com, Jika mengutip harap berikan link balik yang menuju artikel FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG ini. Jika tidak akan diproses secara DMCA Takedown yang tentu saja tidak baik akibatnya bagi blog saudara. Terima kasih atas perhatiannya

/[6 komentar Untuk Artikel FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG]\
Odhzar Jhadeya mengatakan...

Tipsnya oke" semua nih sob..
Saya sependapat tips" di atas memang merupakan faktor yang dapat meningkatkan traffik pengunjung blog..
Thanks sharingnya..

Anonim mengatakan...

kalo #Buat Kontes SEO itu sangat membutuhkan banyak tenaga, tapi juga memberikan hasil yang memuaskan pula.. niche :)

Unknown mengatakan...

Terima kasih sudah share informasinya. Sangat berguna, walaupun saya masih belum mengerti :D

Anonim mengatakan...

Gan, mw tanya di luar topik. Apakah domain pribadi lebih "menjual" dibandingkan "blogspot.com", lalu apakah ada hubungannya dengan trafik pengunjung?

up photography mengatakan...

sangat membantu terima kasih kakak

Unknown mengatakan...

siip sob_

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel di atas, kalau boleh dibantu tolong berikan komentar yang relevan sesuai dengan topik pembahasan artikel di atas. Anda diperbolehkan berkomentar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Komentar jangan mengandung SARA dan PORNO.
2. Jangan berkomentar dengan menggunakan LINK MATI apalagi LINK AKTIF.
3. Jika anda orang Indonesia yang cinta tanah air, maka berkomentarlah dengan bahasa baku dan sopan.
Jika komentar anda melanggar syarat di atas, maka komentar anda tidak akan saya publish dan akan saya tandai sebagai SPAMER.

Terima kasih atas kunjunganya ^_&